Thursday, October 20, 2016

Menikmati Spageti ala Batak : Mie Gomak


Mie Gomak Rebus ala Chef Ratna Siahaan
Jika italia punya mie (pasta) berupa spageti, Sumatera Utara pun punya mie gomak. Saya beruntung memiliki mama keliharan Balige, kawasan sentra mie gomak paling enak dalam hidup saya.  Yuks kenalan dengan mie gomak.

SERUPA TAPI SAMA 
Sumber foto : Bukalapak
Mie gomak mentah terlihat seperti mie lidi gendut. Berbeda dengan spageti, mie gomak mentah berdiameter sedikit lebih tebal dan warnanya kuning kemerahan. Sekilas, mie gomak yang sudah direbus hampir sama seperti mie aceh tapi dengan ukuran mie yg lebih pendek.

Kata gomak sendiri memiliki arti kurang lebih digenggam pakai tangan. Awalnya, penjual mie gomak menyajikan mie ke pembeli dengan cara mencomot mie dengan dengan lalu disiram dengan kuah. Hehehehe... Jauh dari kata higienis memang.

Mie gomak itu rasanya gurih. Tambahan bumbu apapun sebenarnya akan tetap terasa enak. Disiram bumbu kuah, digoreng dengan tambahan bumbu tumis plus daging, disulap jadi menu italiano dengan topping saus bolognese, atau kreasi (dan selera) lainnya saya jamin rasanya tetap enak.  

Di Balige, daerah asal mama saya, ada sentra mie gomak. Namanya Pasar Balige. Mama ataupun Tulang Hasan, adiknya mama, pasti menculik saya untuk mampir ke mie gomak Pasar Balige setiap kali kami mudik. Kalaupun tidak sempat, yaa cicip mie gomak di sekitaran Pasar Balige lah. Puji Tuhan penjual mie gomak masa kini mulai mengenal istilah kebersihan. Selamat tinggal masa-masa "gomak". :D

RESEP ALA MAMA 
Mama & Cucu roti sobeknya, Eliza.
Hehehe.. Hidup mokmok!

Mama saya bukan juru masak profesional tapi beliau handal meracik beberapa masakan batak toba. Salah satu andalannya itu mie gomak. Ini dia resep mie gomak rebus ala mama. 

Bahan :
Santan dari satu butir kelapa
Labu siam 1 buah
Mie Gomak 500 gram  

Bumbu :
Bawang merah 5 siung  
Bawang putih 5 siung
Kemiri 5 butir 
Kunyit satu ruas jari
Cabe merah 10 buah
Daun sereh 1 buah
Jahe sedikit saja
Lengkuas satu ruas jari
Daun Salam 2-3 lembar
Garam  secukupnya


Tambahan :
Telur ayam rebus
Daging (ayam untuk yang halal atau babi untuk yang suka rasa kuat) 
Bawang goreng

Cara memasak :
Rebus mie gomak sampai matang. angkat dan tiriskan. 

Haluskan semua bumbu. Tumis. Tambahkan dauh sereh, daun salam, dan labu siam yang telah diiris memanjang ala ketupat sayur. Masukkan daging. Campurkanlah dengan santan. Aduk sampai rata. Terakhir masukkan telur rebus setelah kuah terasa matang.  

Penyajian :
Ambil mie gomak secukupnya. Siram dengan kuah. Taburkan bawang goreng secukupnya. Jadi deh. 

Selamat mencoba! 


No comments:

Post a Comment